Aplikasi JAva dalam pembelajaran di sekolah

Aplikasi java dalam pembelajaran di SMA
1 Quandary (delima)
2 Hot Potatoes (kentang panas)
3 TexToys (bermain text)

Tujuan penelitian
guru bisa mengimplementasikan aplikasi java dalam pembelajaran di sekolah.

rumusan masalah
bagaimana tahapan penggunaan aplikasi java?
bagaimana hasil pelatihan guru setelah mengimplementasikan aplikasi java dalam pembelaran?

Luar penelitian
1 Modul Ajar mata kuliah pembelajaran berbantuan komputer di universitas

2 jurnal yang sudah terakreditasi

3 pelatiahn ke pada guru dan guru mengimplementasikannya


Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM). Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal pula dengan slogannya, "Tulis sekali, jalankan di mana pun". Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi berbasis web.

Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

Perangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.

Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org, yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Sering kali, mereka memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain sehingga menguntungkan pengguna. Contohnya, suatu lembar kerja dapat dibenamkan dalam suatu dokumen pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah.

Klasifikasi aplikasi

Aplikasi dapat digolongkan menjadi beberapa kelas, antara lain:

Perangkat lunak perusahaan (enterprise)
Perangkat lunak infrastruktur perusahaan
Perangkat lunak informasi kerja
Perangkat lunak media dan hiburan
Perangkat lunak pendidikan
Perangkat lunak pengembangan media
Perangkat lunak rekayasa produk

Pada pengertian umumnya, aplikasi adalah alat terapan yang difungsikan secara khusus dan terpadu sesuai kemampuan yang dimilikinya

Perangkat lunak pendidikan

Manajemen ruang kelas
Manajemen survei
Manajemen pelatihan
Perangkat lunak kesiapan penjualan


Tex Toys adalah Permaian kata yang merupakan suite dari dua Pencipta(authoring) program ,dua program tersebut adalah WebRhubarb dan WebSequitur. Program ini digunakan untuk membuat halaman web berformat (dokumen HTML ), Program ini sangat interaktif untuk belajar mengolah kata dan bahasa, awalnya dikembangkan oleh John dan Muriel Higgins.

Setelah Anda telah menciptakan latihan, Anda dapat mengexport dokumen HTML dan menyajikan soal tersebut ke pada siswa dalam bentuk halaman web. Anda juga dapat meng-upload mereka ke layanan hosting kami di hotpotatoes.net.

Meskipun dua program yang berbeda, TexToys-dapat di download secara gratis dan dapat diinstal dengan mudah.

TexToys adalah shareware (harus registrasi), artinya dapat di-download dan diinstal secara gratis. Namun, versi download dibatasi - oleh karena itu untuk mengambil keuntungan penuh dari semua program dan fitur hosting, kita harus mendaftar paket TexToys menggunakan formulir pesanan aman secara online.

sequitur
Dalam latihan sequitur, siswa pada awalnya disajikan dengan tiga segmen dari teks. Salah satunya adalah awal yang benar dari teks. Ketika siswa memilih segmen yang tepat untuk memulai teks, ini ditambahkan ke kotak teks di bagian atas halaman, dari tiga lebih segmen disajikan, salah satunya adalah segmen yang tepat untuk melanjutkan cerita atau artikel. Secara bertahap, siswa membangun teks (kalimat) dengan memilih segmen yang benar, jelasnya siswa membangun/menyusun kalimat. Sebuah skor disimpan, mencerminkan seberapa bisa mahasiswa dapat membuat/menyusun kalimat pada pilihan yang benar dari percobaan pertama.


Rhubarb
Dalam latihan Rhubarb, siswa disajikan dengan teks di mana semua kata telah digantikan oleh bintang-bintang; tanda baca tetap utuh. Tugas siswa adalah untuk menebak dan mengisi/menganti kata-kata dari bintang-bintang tersebut (satu per satu), dengan mengetik dalam kotak dan menekan sebuah tombol (atau tombol RETURN). Jika kata yang dimasukkan dalam teks,maka semua contoh itu akan muncul, menggantikan bintang-bintang, dalam teks yang ditampilkan. Secara bertahap, pelajar dapat membangun teks, kata demi kata, sampai selesai.

Quandary (delima)
adalah aplikasi untuk menciptakan dokument berbasis Web. Sebuah Action Maze adalah semacam studi kasus interaktif, pengguna disajikan dengan situasi, dan sejumlah pilihan untuk suatu tindakan menampilkannya. dengan memilih salah satu opsi, situasi yang dihasilkan kemudian disajikan, dengan satu set pilihan. Bekerja melalui pohon ini bercabang seperti negosiasi sebuah labirin (graph), maka nama "Action Maze ".

Action Maze dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk pemecahan masalah, diagnosis, pelatihan prosedural, dan survei / kuesioner. Semua jenis penggunaan yang lebih mudah untuk memahami dengan contoh untuk menjelaskan, jadi di sini adalah beberapa contoh latihan.

Aplikasi JAva dalam pembelajaran di sekolah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Catatanku