Seperti biasa kita selalu harus menyiapkan sebuah dokumen flash baru. Cukup actionscript 2.0, kalo mau yang actionscript 3.0, bentar deh…
Kemudian import salah satu gambar dari kumpulan gambar tadi ke dalam stage. Misal kita memilih Scion Developer Toolbox\Sprites\Set 1\hero_ship2_color.png.
Kemudian seleksi gambar tersebut dan ubah menjadi movieclip. Beri player sebagai identifier.
player
Hasilnya akan seperti ini :
player
Kemudian buat juga movieclip dengan identifier Peluru dan Background. Peluru kita gunakan sebagai senjata yang akan bergerak jika kita menekan tombol mouse. Sedang Background kita gunakan sebagai latar belakang dari game, misal sebagai pemandangan yang bergerak.
Background dapat kita ambil dari folder Scion Developer Toolbox\Backdrops\Long Form\bg2.png. Kemudian ubah menjadi movieclip seperti tadi. Ingat, kali ini titik registrasi (registration point)/titik tengah harus berada di kiri, hal ini akan memudahkan penghitungan saat bergerak.
background
Kemudian buat sebuah peluru, untuk membuatnya cukup menggambar bentuk sendiri, misal garis.
peluru
Kemudian kita Convert menjadi MovieClip, beri peluru sebagai identifiernya.
peluru
Sekarang, hapus semua movieclip yang ada di dalam stage, sehingga stage menjadi bersih.
Sekarang kita menuju ke bagian scripting ActionScript klik pada layer 1 frame 1 kemudian tekan F9 untuk menampilkan panel Actions – Frame, lalu ketikkan script berikut :
01
//menambahkan background dengan nama yang dikenali oleh stage yaitu background_mc